Monday, July 5, 2010

Tips Melamar Kerja Dengan Email

Hmmm… Sekarang ini jamannya melek teknologi, sehingga mungkin bagi individu yang tidak melakukan pedekate dengan perkembangan teknologi maka akan kalah dalam persaingan, tapi tentunya hendaknya harus menggunakan kemajuan perkembangan teknologi tersebut untuk kepentingan yang ke arah positif, bukan malah sebaliknya yah!
Hal yang sama juga berlaku dalam berburu dan melamar suatu lowongan kerja yang tersedia. Sejak ditemukannya internet, banyak hal yang merasakan dampak positif maupun negatif (tergantung dari kita-nya mau mengarahkan kemana kan!). Salah satu yang paling ng-trend dilakukan oleh pelamar untuk melamar kerja adalah lewat email yang dapat diakses dengan memanfaatkan jaringan internet.
Tapi jangan salah loeh! Ada beberapa aturan, strategi dan cara melamar kerja lewat email di internet agar lamaran kita dipandang oleh perusahaan yang kita incar. Yang perlu diingat adalah cara melamar kerja dengan menggunakan email memiliki perbedaan yang signifikan jika kita menggunakan cara tradisional (dengan menggunakan media jasa pos). Berikut ini adalah beberapa informasi sederhana yang terkadang sering diabaikan oleh pelamar ketika melamar kerja lewat email:
  1. Sering sekali pelamar menggunakan alamat email yang asal-asalan seperti email untuk bergaul yang digunakan di Facebook, YM, Friendster dll. Email asal-asalan disini dalam arti tidak mencermikan identitas diri kita dengan jelas misal gadiscute@yahoo.com, manismadu@gmail.com, rajabaek_cucok@ymail.com dll. Nah untuk mencerimkan bahwa kita memang serius akan pekerjaan yang kita lamar, sebaiknya menggunakan email nama kita sendiri. Sebagai contoh jika nama kita Rian Irwansyah, maka sebaiknya menggunakan email dengan format alamat rian_irwansyah@yahoo.co.id. Atau lebih baik lagi jika kita memiliki blog pribadi maka dapat menggunakan alamat email yang tidak gratisan missal formatnya menjadi admin@rian-irwansyah.com.
  2. Kemudian untuk point ke dua ini sebenarnya sudah sedikit disinggung pada point pertama. Jika karena akan suatu hal kita harus menggunakan email gratisan, sebaiknya jangan menggunakan email gratisan dengan provider lokal karena biasanya servernya lebih lama merespon untuk mengirim dan menerima email baru. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan email gratisan yang sudah ternama seperti yahoo atau gmail.
  3. Ok setelah menentukan alamat email yang benar untuk melamar kerja lewat email. Kemudian poin berikutnya yang harus diperhatikan adalah memperhatikan akan berkas dan file yang akan dikirim. Sebagai tips sebaiknya mengirim berkas file seperti resume, CV, foto dalam format .doc atau .pdf. Kemudian jangan lupa beri nama file-file tersebut dengan nama kita. Hal ini untuk lebih mengingatkan jati diri kita ke bagian HRD perusahaan.
  4. Gunakan format ukuran yang wajar, jelas, dan mudah dimengerti. Hal ini perlu diperhatikan terutama untuk tampilan foto yang dikirm atau berkas file sertifikat yang kita miliki. Intinya adalah pastikan HRD ketika membuka file kita nyaman, menarik, dan mudah mengerti.
  5. Kemudian jika suatu ketika, kita harus mengirim gambar atau file yang kita pikir jumlahnya banyak, maka tidak ada salahnya jika kita menggunakan fasilitas .zip untuk menjadikan satu kesatuan file-file tersebut.
  6. Dan terakhir, lebih baik kita juga menulis surat pengantar yang intinya menjelaskan alasan kita kenapa tertarik dengan lowongan yang disediakan oleh persuahaan tersebut. Tapi ingat yah, tulis surat pengantar dengan pada, jelas, tidak terlalu panjang, dan yang terpenting menarik perhatian! OK
Bagaimana, ada yang ingin menambahkan tips bagaimana strategi yang baik cara melamar kerja lewat email? Ya dah silahkan dikomentarin saja langsung …. !

Source : http://go-kerja.com/cara-melamar-kerja-lewat-email-internet/

No comments:

Post a Comment