Monday, May 18, 2009

Game Online VS Play Station (part I)

di jaman high teknologi seperti sekarang ini, hiburan yang yang berbau - bau teknologi sangat di gemari. tidak hanya anak - anak, sekarang remaja, orang dewasa bahkan orang tua sangat menggandrungi hiburan teknologi. ada berbagai jenis hiburan teknologi ini :
1. Play Station, PSP, Sega, Game Box dan lain sebagainya
hiburan ini berbentuk permainan(game) yang dimainkan sendiri atau berdua dengan Playstation/Game box dan layar televisi sebagai medianya. dan untuk hiburan ini yang paling digemari khusunya di indonesia adalah Play Station. dimana sekarang Play Station telah mengeluarkan produk terbarunya PS 3.
2. Game Offline/Online
hiburan ini merupakan permainan(game) yang dimainkan sendiri atau beramai - ramai dengan komputer sebagai medianya. perbedaan game online dengan offline yaitu game offline hanya dapat dimainkan beramai-ramai di 1 net. sedang game online dapat dimainkan secara bersama - sama oleh orang seluruh dunia.
3. Warnet
hiburan ini lebih mengedepankan informasi dan komunikasi. dimana orang dapat mencari dan mengetahui informasi terkini tentang segala hal dan dapat berkomunikasi dengan semua orang di seluruh dunia.

ok. dikarenakan warnet lebih kepada informasi dan komunikasi, maka saya akan mengetengahkan persaingan game online/offline dan Playstation saja. karena kedua game inilah yang paling digemari dunia saat ini. karena kedua game ini memberikan kepuasan dan keasyikan tersendiri bagi para penggemarnya. dan kedua hiburan memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

PlayStation

keunggulan:
- memiliki fitur yang sederhana sehingga mudah dimainkan
- Playstation sangat mudah dioperasikan karena hanya menggunakan stik yang memiliki sedikit tombol - tombol yang mengoperasikan karakter didalam game.
- playstation lebih mudah dipahami
- untuk memiliki playstation kita tidak mengeluarkan biaya yang mahal.
- biaya perawatan dan operasional yang tidak mahal.

kelemahan:
- tidak fungsional (hanya fokus kepada game)
- terlalu menoton (mempunyai awal dan akhir game)
- Kelemahan utama PlayStation adalah mata optik yang lemah jika PlayStation tersebut sudah cukup lama digunakan. Hal ini berakibat banyak pemilik PlayStation menemui masalah loading game yang jauh lebih lama atau bahkan sama sekali tidak mampu untuk loading game
- tidak bisa dimainkan beramai - ramai

Game Online

keunggulan :
- lebih fungsional (dapat digunakan sebagai alat informasi dan komunikasi dengan chating game)
- dapat dimainkan beramai - ramai diseluruh dunia
- tidak menoton ( tidak pernah ada akhirnya, selalu ada tantangan baru)
- lebih futuristik

kelemahan :
- memilki fitur yang rumit dan mengoperasikan dengan banyak tombol (keyboard)
- bagi yang baru memainkan butuh waktu yang lama untuk memahami permainan game online
- biaya perawatan dan operasional lebih mahal (biaya bulanan)
- kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk memilikinya (pc + monitor, koneksi, kabel lan, software game).
- faktor ngelag

segini dulu deh yang dapat saya sampaikan gimana persaingan dari dua game yang sangat digemari oleh seluruh dunia. di postingan saya yang lain ntar saya akan ceritakan peluang usaha dan biaya untuk membuka bisnis game online dan playstation. semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda semua. peace





No comments:

Post a Comment