Friday, May 28, 2010

pengenalan ASP

ok untuk posting pertama saya akan memulai bagai cara merancang sebuah website asp. untuk pendahuluannya kita harus mengenal apa itu asp.

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk tekhnologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP diproses melalui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan dikirimkan melalui browser. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting. Berbeda dengan VBScript yang bekerja pada client atau disebut juga client side scripting. Meskipun demikian ASP mengunakan VBScript sebagai bahasa dasar untuk pemogramannya. Karena bersifat server side scripting maka ASP dapat bekerja pada semua web browser berbeda dengan client side scripting yang bekerja hanya tergantung pada browser. Sebagai contoh VBScript hanya bisa dijalankan pada browser Internet Explorer
dan tidak dapat dijalankan pada browser Netscape.

o ya dari penjelasan diatas kita telah mengetahui asp dapat menciptakan sebuah web dinamis. jadi kita harus tahu dulu apa itu web dinamis.
Secara gamblang web yang dinamis dan statis bisa dibedakan pada tampilannya. Jika kita melihat suatu isi halaman web yang hanya berhubungan dengan halaman web
yang lain maka kita bisa menyebut web tersebut sifatnya statis. Kenapa statis ? Karena user hanya bisa melihat isi dokumen pada halaman web dan jika diklik maka dokumen akan berpindah ke halaman web selanjutnya. Interaksi user dengan browser hanya sebatas
melihat informasi tetapi tidak bisa mengolah informasi yang dihasilkan. Web statis biasanya hanya merupakan HTML yang diketik melalui teks editor yang disimpan dalam bentuk .html atau .htm. Sedangkan web yang dinamis memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan menggunakan form sehingga kita bisa mengolah informasi yang ditampilkan.

jadi garis besarnya web dinamis merupakan web yang dapat berinteraksi dengan viewer dengan menggunakan database sebagai media pengolahan datanya. sedangkan web statis hanya menampilkan informasi dan tidak bisa interaksi dengan web tersebut.

Sekilas kita sudah dijelaskan mengenai ASP, server side scripting, client side scripting dan web dinamis secara singkat. Mungkin kita sudah tidak sabar lagi untuk mencoba belajar ASP, tetapi sebelumnya kita harus mengetahui bagaimana dan apa yang diperlukan untuk menjalankan ASP.
• Untuk memulai menulis bahasa pemograman ASP diperlukan minimal sebuah text editor atau bisa juga web development tools yang lain seperti Visual Interdev, Homesite, Dreamweaver, dll.
• Web server yang support ASP. Tutorial ini menggunakan Internet Information Server (IIS 5.0) yang mensupport ASP Version 3.0, IIS 5.0 tersedia pada sistem operasi Windows 2000. Jadi maka sebaiknya gunakan IIS 5.0 sebagai web server ASP pada tutorial ini. Sebenarnya ASP juga bisa berjalan pada web server lain seperti Apache, Lotus, dll yang berjalan pada sistem operasi non windows seperti Unix/Linux, dll.
• Untuk melihat dan melakukan test pada suatu halaman, kita tentunya memerlukan web browser. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ASP bisa berjalan pada semua browser.
• Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah anda harus mengetahui tag-tag HTML supaya bisa mengikuti pelajaran ini dengan baik.

web dinamis

Web Statis
untuk lebih jauh mengenal asp lebih jauh download file di bawah ini


download disini










source : web-master-indonesia.blogspot.com

No comments:

Post a Comment